Banner

Sabtu, 17 Desember 2011

Trik Membuat Website & Blog Menjadi No. 1 Di Google,& Tips” Ngblog.



Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Tidak dipungkiri, sebuah website atau blog yang menempati urutan teratas pada hasil pencarian di mesin pencari/Search Engine(SE)(ex:google.com,yahoo.com,bing.com,dll) memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi para pengguna internet. Mereka cenderung lebih tertarik mengunjungi website atau blog yang ada bertengger dan terpampang namanya di halaman awal.Ini karena dianggap lebih relevan dengankeywords yang mereka cari, selain tentunya karena aspek praktis dan mudah-nya. Jarang sekali ada pengguna internet yang mau mencari hingga ke halaman-halaman berikutnya dari hasil pencarian search engine.
Intinya, trafik yang ramai dan pagerank tinggi website atau blog Anda adalah kunci sukses untuk memenangkan persaingan bisnis internet.Inilah syarat utama mempopulerkan website atau blog agar laku dijual dan mendapatkan banyak job/pekerjaan dari para advertisermerchanctmaupun vendor online. Jadi, satu-satunya cara menguasai pasar internet adalah tingkatkan trafik, tingkatkan pagerank, perbanyak backlinks dan promosikan website atau blog Anda seluas-luasnya tanpa batas di dunia maya.
Pertanyaannya, bagaimana caranya agar website atau blog kita berada di halaman awal pada hasil pencarian search engine google? Sebenarnya, ada banyak cara dan strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan trafik maupun meningkatkan pagerank google website/blog kita.
Cara pertama adalah dengan menerapkan strategi optimasi mesin pencari atau lebih dikenal dengan sebutan SEO(search engine optimation ).Ada 8 point dasar dan elemen penting yang harus Anda perhatikanuntuk mendukung SEO, yaitu Nama Domain ,Judul atau title, Meta Keyword, Meta Deskripsi, kontens/isi, Sitemap, Natural listing, dan terakhirBackilnk.
Teknik SEO dibagi menjadi dua, yaitu OnPage dan OffPage. OnPageSEO adalah teknik yang dilakukanatau diterapkan dengan cara mengatur dari dalam website/blog, seperti memaksimalkan keyword dan deskripsi agar lebih mudah dikenali dan dibaca oleh mesin pencari google. Sedangkan OffPage SEO adalah memanfaatkan ruang di luar blog. Ini dapat dilakukan misalnya dengan mencantumkan nama blog atau alamat blog di website lain (natural listing) atau berbagi banner atau link dengan blog yang lain. Cara ini adalah yang paling efektif untuk mendongkrak popularitas blog
Berdasarkan teknik di atas, maka dalam OnPage SEO, antara naman domain, nama blog, judul posting, kata-kaya kunci yang dipergunakan dalam posting (content) hingga meta keywords dan meta deskripsi harus saling berkaitan dengan kuat. Maksudnya, harus menggunakan kata-kata yang sama dan konsisten, sehingga mesin pencari mudah mengenalinya. Untuk membantu seOnPage SEO, manfaatkanlahwww.google.com/analytics/.Daftarkan blog Anda sekarang.Ini berguna untuk memantau traffik pengunjug baik harian, mingguan atau bulanan.Manfaatkan jugawww.google.com/webmasters/tools.Webmaster tool berguna untuk merangkum seluruh isi blog kita, sehingga mudah dibacagoogle.Sedangkan untuk OffPage SEO, Anda dituntut aktif menyebarkan alamat website/blog Anda ke banyak mesin pencari, webdirectory atau artikel directory. Juga Anda harus aktif bertukar banner atau tukar link, dan tukar trafik atau tukar kunjungan dengan blogger lain.
Untuk mendaftarkan blog Anda ke mesin pencari cobalah kewww.searcengineoptimising.com.Situs lainnya www.sumitexpress.com.Dengan situs-situs seperti itu Anda bisa mendaftarkan blog Anda ke berbagai mesin pencari,tidak hanya google dan yahoo. Daftarkan juga blog Anda ke blog directory atau artikel directory untuk posting Anda. Dengan demikian, posting dan blog Anda akan makin dikenal. Ada ratusan situs seperti ini. Cobalah search di google dengan key word add url, blog directory dan semacamnya. Lalu daftarkan blog Anda di sana.Satu contohnya adalah www.pingoat.com. Daftarkan blog Anda di sini untuk mengirim ke berbagai search engine.
Sedangkan pada OffPage SEO, yang diperlukan adalah mencantumkan atau meletakkan identitas, alamat blog anda di berbagai tempat yang berbeda-berbeda sebanyak-banyaknya, seperti di berbagai mesin pencari selain, di web/blog ditectory, artikel direktory.dan. Dengan cara ini ,maka berbagai mesin pencari akan dengan mudah menemukan web/blog Anda. Selain itu, adalah bakclink nama alamat website/blog anda yang berada di web/blog orang lain. Berapa banyak jumlah blaclink, menunjukkan tingkat populeritas blog Anda.
Diluar SEO, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk menempatkan blog Anda di halaman atas pencarian google. Salah satunya adalah black SEO. Cara ini disebut black,karena memang tidak kelihatan,alias kucing-kucingan danboleh dibilang licik. Jangan terapkan blak SEOini padablog yang adnda daftarkan di google Ansense.
Cara lain yang masih bisa Anda lakukan adalah dengan bertukar link dan bertukar traffik. Kedua cara ini sangat cepat menaikkan pagerank blog Anda. Cara bertukar link dan trafik bisa dilakukan secara manual maupun otomatis. Untuk bertukar link, cobalah daftarkan blog Anda ke situs www,linkmarket.net. Anda bisa bertukar link blog anda di sana dengan ratusan bahkan ribuan blog lain. Untuk tukar trafik, juga demikian, ada yang manual, ada yang otomatis.Cobalah ke http://zuminsurf.com. Mendaftarlah di sana dan tukar trafik Anda sebanyak-banyaknya dengan pengguna atau pemilik blog yang lain.
Berilah website/blog Anda sedikit sentuhan dan ide sederhana itu untuk hasil yang menakjubkan.Ikuti langkah demi langkahnya, dan jadikan website/blog Anda menjadi nomor satu di google.

Langkah Awal Memulai SEO
Banyak rekan-rekan Blogger atau webmaster yang sudah tau bahkan sudah menerapkan SEO pada website mereka, namun tak dapat dipungkiri juga  ternyata masih banyak yang kebingungan ketika harus melakukan teknik SEO tersebut (termasuk saya). Banyak yang mengatakan bahwa SEO itu adalah sebuah seni.Seni di bidang Teknologi Informasi.Namun tetap saja dibutuhkan tahapan-tahapan dan langkah-langkah yang jelas dalam melakukannya. Dari apa yang saya baca di http://www.promosi-web.com, teknik SEO dapat dimulai dengan 10 proses yang sangat sederhana.
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memulainya (jika memungkinkan) dengan website yang sama sekali baru atau belum pernah dipublikasikan atau didaftarkan ke search engine. Berdasarkan pengalaman untuk menerapkan teknik SEO akan lebih mudah jika dimulai dari nol daripada diterapkan pada situs yang terdaftar pada search engine.
  • Pilihlah nama situs atau nama domain yang tepat dan dapat mewakili isi dari situs anda. Akan lebih baik jika anda dapat menaruh salah satu kata kunci (keyword) utama pada nama domain selama nama domain tersebut tetap dapat mewakili isi website anda. contoh: www.MP3-Gratis.com tentu akan berisi tentang download gratis MP3, dan mengandung 2 kata kunci utama yaitu "gratis" dan "MP3".
  • Sedikit tidaknya anda harus menguasai dasar HTML. Banyak teknik SEO yang akan menuntut anda untuk editing langsung pada kode HTML. Jangan takut anda dapat belajar pelan-pelan dari buku atau internet.
  • Anda harus mengkerucutkan atau mempersempit kata kunci utama anda. Pilih 2 atau 3 frasa kata kunci yang benar-benar tepat untuk mewakili isi website / blog anda. contohnya: kata kunci "MP3 Gratis Lagu Indonesia" akan lebih tepat jika dibandingkan dengan keyword "MP3" atau "Gratis" saja. Hal ini disebabkan jika pengunjung mengetikkan kata MP3, belum tentu mereka ingin mencari MP3 Gratis lagu Indonesia (dalam hal ini isi website anda), bisa saja mereka mencari MP3 Player atau yang lainnya.
  • Tulislah Teks atau konten website / blog berdasarkan kata-kata kunci yang sudah anda pilih. Untuk halaman depan, usahakan menuliskan teks dengan panjang minimal 300 kata dengan kombinasi dari kata kunci utama anda.
  • Rancanglah sebuah title tag yang baik. Title tag sampai saat ini masih sangat berpengaruh pada hasil peng index an oleh search engine, terutama Google. Title tag tidak harus panjang, cukup 60-70 karakter saja, dan sebaiknya tetap mencantumkan kata-kata kunci utama anda
  • Buatlah meta tag yang baik. Meski tag meta tidak lagi menjadi faktor utama dalam peng-index-an oleh search engine, namun beberapa search engine masih menggunakannya.
  • Daftarkanlah situs anda ke search engine atau direktori utama. Sebaiknya anda melakukannya secara manual. Jangan mudah tertipu dengan cara-cara auto submit dan sejenisnya, karena kadang-kadang justru menimbulkan masalah. Website anda bisa saja dianggap melakukan Spaming.
  • Mulailah membangun Link Popularity. Link Popularity sangat penting dalam teknik SEO, karena dapat menunjukkan kepada search engine seberapa penting website yang anda kelola.
  • Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah berusaha tetap bermain jujur. Anda tidak perlu melakukan cara-cara yang tidak lazim untuk mencurangi search engine. Antara search engine dan website anda sebaiknya terjalin simbiosis mutualisme. Jika sekali anda diketahui melakukan kecurangan, bisa saja website anda akan dihapus dari daftar pencarian mereka. Hal ini tentu hanya akan merugikan anda saja


Saya tekankan disini SEO merupakan proses yang sangat panjang dan membutuhkan kesabaran anda, jadi jangan putus asa dan cepat lelah untuk mencoba.. Well, selamat mempromosikan website dan blog anda kawan...

Ditulis Oleh : Group One Hari: Sabtu, Desember 17, 2011 Kategori:

0 Komentar:

Posting Komentar