Banner

Rabu, 09 November 2011

Awas, Tiap Hari Hacker Susupi 600 Ribu Akun Facebook


Pernahkah akun Facebook Anda disusupi seseorang? Jika ya, akun Anda bukanlah satu-satunya yang pernah dipakai login oleh pihak yang tidak berwenang.

Facebook baru-baru ini menerbitkan postingan infographic lewat blognya. Dalam postingan itu disebutkan kalau ada ratusan ribu akun pengguna Facebook yang coba disusupi hacker setiap harinya. Tepatnya ada lebih dari 600.000 akun yang coba dibobol penjahat cyber dengan berbagai motif dan tujuan, antara lain mengakses pesan, foto dan informasi pribadi lainnya.

Fakta yang dibuka Facebook itu menunjukkan bagaimana hacker mencoba membombardir Facebook setiap harinya. Senior konsultan teknologi Sophos, Graham Cluley, menjelaskan ketika sebuah akun Facebook berhasil diambil alih/disusupi, seseorang (hacker) bisa memposting gambar, mengirim pesan dan mengakses semua informasi si pengguna Facebook.

Alasan umum mengapa hacker membobol akun Facebook adalah agar mereka bisa menyebar scam (penipuan) dan mengirimkan penawaran palsu ke teman-teman Anda dengan tujuan menjual barang palsu dan mendapatkan keuntungan finansial.

Selain itu, banyak pula remaja yang akun Facebook-nya dibobol lalu dimanfaatkan untuk mengirim foto dan pesan berbahaya untuk menjaring lebih banyak korban.

Menurut Cluley, saat ini sangat mudah menyusupi akun Facebook. Sebab, 30 persen pengguna internet menggunakan password yang sama untuk beberapa layanan sekaligus, sehingga hacker dengan mudah dapat mengambilalih identitas seseorang.

Facebook mengungkap data banyaknya usaha pembobolan itu menyusul diumumkannya fitur keamanan teranyar mereka yang akan segera diluncurkan, yaitu “Trusted Friends”. Melalui fitur ini, pengguna Facebook bisa mencalonkan tiga sampai lima temannya yang benar-benar bisa dipercaya, yang nantinya dapat membantu jika Anda tidak bisa mengakses akun Anda.

Misalnya, ada orang lain yang membajak akun Anda dan tidak dapat mengakses akun email Anda. Maka, Facebook akan mengirim kode rahasia ke teman Anda tadi, sehingga mereka bisa menyampaikannya kepada Anda.

Perlu diingat, tidak ada sistem yang seratus persen aman. Jadi, Anda harus menerapkan kebiasaan berinternet yang bijak, di antaranya menggunakan password yang sulit ditebak, tidak sembarangan mengklik link yang ditawarkan di Facebook meski itu dari teman dan rutin mengupdate software antivirus Anda. (Telegraph/Internet Sehat/DOR)

Ditulis Oleh : Group One Hari: Rabu, November 09, 2011 Kategori:

0 Komentar:

Poskan Komentar