Banner

Rabu, 23 November 2011

Bintang Sepakbola Dunia David Becham, Hebat dan Modis


David Beckham adalah seorang pemain sepak bola Inggris yang sejak 1 Juli 2007 memperkuat LA Galaxy di Major League Soccer di Amerika Serikat. Sebelumnya ia pernah bermain di Manchester United dan Real Madrid. Ia memulai karier sepak bolanya di akademi sepak bola milik Manchester United. Beckham mahir dalam umpan silang dan tendangan bebas melengkung, kemampuan yang mirip dengan rekan setimnya di AC Milan, Andrea Pirlo yang juga mahir tendangan bebas. Istrinya adalah Victoria Beckham, mantan personil grup musik Spice Girls. Selain pandai mengocek si kulit bundar, Becham karena penampilannya yang keren sempat menjadi ikon mode dunia. Beberapa industri mode dunia menggunakan Becham sebagai bintang iklannya.
Prestasi Beckham sangat luar biasa, dia sanggup mengoleksi 22 gelar sepanjang kariernya. Namun, jika berbicara timnas, kata ironis mungkin tepat diberikan kepada Beckham. Dengan rekor 115 caps (kedua terbanyak di bawah Peter Shilton) tak sekali pun Beckham mampu menyumbangkan trofi untuk negaranya. Ada saja masalah datang ketika turnamen besar digelar. Pada Piala Dunia 1998, Beckham diusir wasit pada babak perdelapan final. Dua tahun berselang, ia juga gagal mengeksekusi penalti saat tos-tosan melawan Portugal di babak perempat final Piala Eropa. Terakhir pada Piala Dunia 2010, Beckham batal berangkat karena mengalami cedera parah dua bulan sebelum turnamen dimulai.

Profil Singkat David Beckham

 
Informasi pribadi
Nama lengkap David Robert Joseph Beckham
Tanggal lahir 2 Mei 1975 (umur 36)
Tempat lahir Leytonstone, London, Inggris
Tinggi 6 ft 0 in (1.83 m)
Posisi bermain Gelandang
Informasi klub
Klub saat ini Los Angeles Galaxy
Nomor 23
Karier junior
Brimsdown Rovers
1987—1991 Tottenham Hotspur
1991—1993 Manchester United
Karier senior*
Tahun Tim Tampil (Gol)
1993—2003 Manchester United 266 (61)
1995 → Preston North End (pinjaman) 5 (2)
2003—2007 Real Madrid 116 (13)
2007—kini Los Angeles Galaxy 74 (11)
2009 → Milan (pinjaman) 18 (2)
2010 → Milan (pinjaman) 11 (0)
Tim nasional
1992—1993 Inggris U-18 3 (0)
1994—1996 Inggris U-21 9 (0)
1996—2009 Inggris 115 (17)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik   dan akurat per 16 Oktober 2011.
‡ Penampilan dan gol di tim nasional akurat per 3 November 2009

Di musim 1994/1995 David Beckham masuk ke skuad senior Manchester United, hal ini mendapat banyak kecaman karena pada saat itu usia David Beckham masih sangat muda. Tapi di akhir musim, Beckham membuktikan pilihan pelatihnya Alex Ferguson tepat dengan memenangi Premiership dan FA Cup. Di bulan Agustus 1996 David Beckham mencetak gol spektakuler ke gawang Wimbledon yang pada saat itu dikawal Neil Sullivan. Ia mencetak gol dari tengah lapangan. Dia melakukan debutnya untuk tim nasional Inggris pada tanggal 1 September 1996 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia menghadapi Moldova.
Pada Piala Dunia 1998, Beckham tidak bermain di dua pertadingan awal tetapi ia main ketika Inggris menghadapi Kolombia dan ia mencetak 1 gol di pertandingan itu. Di pertandingan melawan Argentina ia mendapat kartu merah setelah Beckham menendang Diego Simeone dengan sengaja. Pertandingan itu dimenangi Argentina melalui adu penalti. Publik Inggris menanggap kegagalan Inggris memenangkan Piala Dunia disebabkan Beckham. Bahkan penggemar Manchester United juga menyalahkan Beckham.
Pada musim 1998/1999, Manchester United berhasil meraih tiga gelar: Premiership, FA Cup, dan Liga Champions. Bahkan gelar Liga Champions diraih dengan sangat spektakuler. Di pertandingan final Liga Champions, Manchester United tertinggal 0-1 sampai menit ke-89, di saat pendukung Bayern Muenchen sudah menggelar pesta, keajaiban terjadi. Teddy Sheringham setelah berhasil memanfaatkan umpan dari tendangan penjuru Beckham. Kurang lebih 30 detik setelah kick-off, Manchester United mendapat tendangan penjuru lagi. David Beckham mengambil tendangan penjuru itu dan umpannya berhasil dimanfaatkan Ole Gunnar Solskjær.
Beckham ditetapkan sebagai kapten Inggris pada tanggal 15 November 2000 dan ikut bermain di pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Termasuk ketika mengalahkan Jerman di Muenchen. Puncak kepahlawanannya terjadi ketika menghadapi Yunani pada 6 Oktober 2001, di pertandingan terakhir kualifikasi piala dunia, Inggris setidaknya perlu meraih 1 poin untuk membuat Inggris bermain di Piala Dunia, Inggris tertinggal 2-1 dari Yunani dan waktu tinggal sedikit lagi di saat para pemain Inggris bermain buruk, Beckham menjadi inspirator. Sesaat sebelum pertandingan berakhir, Teddy Sheringham dilanggar pemain Yunani 8 yard dari kotak penalti Yunani, Inggris mendapat tendangan bebas dan Beckham mengambil tendangan bebas itu. Tendangan bebas melengkung khasnya ia berhasil memperdaya kiper Yunani, Antonis Nikopolidis. Pada tahun ini Beckham menjadi BBC Sports Personality of the Year dan menjadi peringkat dua Pemain Terbaik Dunia, hanya kalah dari Luis Figo.
Pada 10 April 2002 ia didera cedera metatarsal setelah ditekel pemain Deportivo La Coruna, Aldo Duscher. Beckham divonis tidak bisa bermain hingga akhir musim, hal ini membuat publik Inggris cemas, karena pada saat itu ia sedang berada di puncak penampilannya dan dikhawatirkan Beckham tidak dapat bermain di Piala Dunia.
Di Piala Dunia 2002, dia bermain di seluruh pertandingan. Dia juga mencetak gol ke gawang Argentina melalui tendangan penalti, sekaligus membalas dendamnya pada Argentina. Karena gol Beckham, Argentina tersingkir dari Piala Dunia 2002. Langkah Inggris terhenti di babak 8 besar setelah kalah 2-1 dari Brasil.
Pada musim 2002 hubungan Beckham dengan pelatihnya Sir Alex Ferguson memburuk setelah Ferguson marah ketika Manchester United kalah dari Arsenal. Di kamar ganti Ferguson menendang sepatu bola dan mengenai pelipis mata Beckham. Akibat insiden ini, pelipis Beckham harus mendapat 13 jahitan.
Pada tanggal 12 Juni 2002 Beckham mendapat gelar OBE dari Ratu Inggris.OBE merupakan singkatan dari order of the british empire
Real Madrid, Euro 2004, LA Galaxy, AC Milan
Di awal musim 2003/2004 dia dijual ke Real Madrid dengan harga 35 Juta Euro. Di sana ia memakai kaus nomor 23. Di Real Madrid Beckham dengan cepat menjadi idola para penggemar Real Madrid. Di Euro 2004 dia bermain di semua pertandingan, tapi dia selalu tampil mengecewakan dan ia gagal mengeksekusi penalti sebanyak 2 kali yaitu ketika menghadapi Prancis di penyisihan grup dan di babak 8 besar ketika menghadapi Portugal pada saat adu penalti.
Pada musim kedua dan ketiga, Beckham belum bisa memberi gelar ke Real Madrid, tapi ia masih menjadi pilihan utama. Dia juga membantu Inggris untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2012. Di musim keempatnya di Real Madrid Beckham mulai tersingkir akibat kedatangan pelatih Fabio Capello yang lebih suka menurunkan Jose Antonio Reyes daripada Beckham.
Pada 11 Januari 2007, Beckham menyetujui kontrak lima tahun yang ditawarkan klub Amerika Serikat LA Galaxy dan akan bergabung pada Agustus setelah kontraknya di Madrid berakhir. Karena kesabaran dan kemauannya yang selalu berusaha menampilkan yang terbaik, dia kembali dipasang sebagai starter setelah sempat “dibuang” oleh Capello. Bahkan pelatih Steve McClaren kembali memanggilnya untuk bergabung ke dalam skuad tim nasional. Berkat permainan yang cemerlang di akhir musim, Beckham berhasil membawa Real Madrid menjadi juara La Liga 2006/2007.
Pada tanggal 22 Oktober 2008, AC Milan mengumumkan keinginannya untuk meminjam Beckham dari bulan Januari 2009. Meskipun banyak spekulasi yang menyatakan bahwa ini adalah sinyal dari keinginan ia untuk pergi dari MLS, tetapi Beckham menyatakan bahwa dia tidak akan meninggalkan MLS dan akan kembali ke Galaxy pada awal dimulainya kompetisi MLS 2009. Pada tanggal 30 Oktober 2008, keinginan Milan untuk meminjam Beckham terkabul dan Beckham bakal bergabung dengan tim pada 7 Maret 2009. Dan sampai sekarang Beckham masih bermain untuk LA Galaxy, walaupun banyak klub yang masih berminat dengannya, tetapi Beckham masih ingin bermain untuk klub LA Galaxy dikarenakan keluarganya yang hidup bahagia di kota Los Angeles.
Piala Dunia 2006
Di Piala dunia 2006, Inggris membawa banyak pemain muda potensial. Di babak penyisihan, grup Inggris menang 1–0 atas Paraguay, kemudian menang 2-0 atas Trinidad dan Tobago melalui gol Peter Crouch yang memanfaatkan umpan Beckham dan memberi umpan lain untuk Steven Gerrard, serta bermain imbang 2–2 dengan Swedia. Di babak 16 besar lagi-lagi dia menjadi pahlawan setelah ia menjadi satu-satunya yang menghasilkan gol di pertandingan melawan Ekuador melalui tendangan bebas. Sesaat sebelum pertandingan, Beckham sakit dan setelah mencetak gol dia mengalami dehidrasi dan muntah di pinggir lapangan. Inggris lagi-lagi kalah dari Portugal melalui adu penalti 3–1 setelah dalam waktu normal bermain seri 0–0. Sehari setelah tersingkir Beckham menyatakan pensiun dari jabatan kapten timnas Inggris, tapi masih ingin bermain untuk timnas Inggris. Pergantian pelatih ke Steve McClaren rupanya membuat Beckham tidak dipanggil ke timnas hingga bulan Mei 2007.
Tersingkir Dari timnas
Fabio Capello mengungkapkan keputusannya soal peluang David Beckham bermain di tim nasional Inggris di Piala Eropa 2012. Sang pemain memang dalam beberapa kesempatan menyatakan masih ingin terus bermain untuk membela negaranya. Sayangnya, niat Beckham takkan terwujud. Capello tak memasukkan nama pemain LA Galaxy berumur 36 tahun itu dalam rencana laga Inggris di Piala Eropa. “Ia tidak akan main di Piala Eropa. Saya pikir ia akan bertanding di Olimpiade (memperkuat Inggris Raya),” kata Capello.
Dengan banyaknya pemain muda yang menunjukkan performa bagus di lini tengah Inggris, Beckham memang sangat sulit untuk bersaing. Apalagi, ia sekarang bermain di kompetisi MLS yang tingkat persaingannya tidak seketat Liga Inggris, Italia, atau Spanyol. Tiga liga elit itu sebenarnya juga pernah dicicipi mantan pemain MU, Milan, dan Madrid tersebut. Di Piala Dunia 2010, Beckham diusulkan jadi salah satu dari asisten Capello. Soal hal ini, Fabio mengatakan belum ada rencana untuk memberikan peran yang sama pada Beckham di Piala Eropa tahun depan
Ikon Mode

Becham karena ketenarannya, kehebatan prestasi dan penampilannya yang keren saat ini dapat dijadikan ikon mode dunia. Beberapa perusahaan besar membayar mahal untuk dikontrak dalam iklan produksi mereka.
Beckham mengaku gembira karena diajak bekerjasama dengan label sepatu Adidas Originals. Meski begitu, suami Victoria Adams itu tak pernah menyangka ia akan sukses di bidang mode.  “Bidang mode menjadi sesuatu yang menarik bagi diriku selama lebih dari lima tahun terakhir,” kata David. “Karirku dulu semata-mata hanya untuk bermain sepakbola dan akan selalu begitu hingga aku berhenti. Tapi aku merasa cukup beruntung karena punya sponsor seperti Adidas dan label lain yang bekerjasama denganku di bidang mode.”
Tak hanya sekedar bangga bisa puluhan tahun bersama Adidas, David juga berharap bisa menciptakan rancangan yang hebat. “Kolaborasi dan angka penjualan produk kita yang sangat sukses, adalah yang terbaik yang pernah aku lihat dalam bidang bisnis olahraga dan gaya hidup. Kami telah menjalin hubungan baik dan akan terus melanjutkannya tapi yang paling penting adalah kami akan terus menciptakan materi yang hebat,” kata David.
Beckham karena prestasi dan ketenarannya juga sempat menjadi model iklan pakaian dalam Armani. David merasa bangga walaupun juga sedikit malu dengan fotonya yang terpampang pada papan reklame di Oxford Street, di pusat kota London.  Di foto iklan tersebut, tubuh David yang six-pack hanya ditutupi sebuah celana dalam berlabel Emporio Armani. Meski hanya satu poster iklan yang dipasang, sebenarnya David telah difoto untuk beberapa variasi model celana dalam Armani.  David terlihat sangat keren dalam iklan tersebut.  Ratusan penggemar David yang berkumpul menyaksikan saat-saat peluncuran iklan itu.  Akan tetapi ada beberapa penggemarnya yang merasa David lebih keren berada lapangan daripada menjadi model iklan.
Kehidupan Keluarga
Tahun 1997 Beckham memulai hubungannya dengan Victoria Adams, yang dikenal sebagai anggota band Spice Girls, Dan pada musim 1999 ia menikah dengan Victoria di Irlandia pada tanggal 4 Juli 1999. Dari hasil pernikahannya, ia mendapat 3 orang anak laki-laki yang diberi nama Brokklyn Joseph (lahir 4 Maret 1999), Romeo James (lahir 1 September 2002), dan Cruz David (lahir 20 Februari 2005), Harper Seven (10 Juli 2011).
Harper Seven Beckham, putri pasangan pesohor David Beckham dan Victoria Beckham baru berusia beberapa hari sudah menjadi selebritis terkenal di dunia. Ketenaran yang diwariskan kedua orangtuanya menempatkan bocah berusia delapan minggu itu berada di posisi teratas pesohor tenar dunia di bawah usia 25 tahun yang dirilis majalah InStyle. Ia menyisihkan nama-nama besar lainnya, seperti Lady Gaga, Justin Bieber, Blake Lively, dan Emma Stone.
Becham  membeli rumah yang karena ukuran dan kemegahannya dikenal dengan nama Beckingham Palace sebagai anekdot dari Buckingham Palace, yang di dalam rumahnya diperkerjakan lebih dari 400 orang. Pada Januari 2005, Beckham menjadi ikon organisasi anak dunia, UNICEF. Dia juga berteman dengan beberapa artis terkenal seperti Robbie Williams, Snoop Dogg, dan Tom Cruise.

Ditulis Oleh : Group One Hari: Rabu, November 23, 2011 Kategori:

0 Komentar:

Poskan Komentar